ASAM URAT

Asam urat adalah hasil akhir metabolisme purin pada manusia. Asam urat diproduksi di liver, dilepas ke sirkulasi darah, dan dieksresi (buang) melalui ginjal.nggi rendahnya kadar asam urat pada seseorang tergantung pada produksi dan ekskresinya. Kadar normalnya adalah 4-6 mg%. Mitos yang berkembang di masyarakat asam urat adalah nyeri otot atau linu tulang yang bisa diobati dengan obat atau jamu asam urat.


Beberapa jenis asam urat di antaranya hiperurikemia, yaitu kadar asam urat darah =7 mg%. Hal ini disebabkan karena produksi lebih besar daripada eksresi. Prevalensi di negara Barat kurang lebih 10%. Indonesia sebagai bagian dari masyarakat Malayo Polinesian, prevalensinya lebih tinggi, terutama pada golongan dengan status ekonomi tinggi karena banyak makan. Jenis Iain adalah penyakit pirai/gout. Kelompok penyakit ini disebabkan deposisi asam urat (MSU: monosodium urat) yang berasal dari cairan ektraseluler yang kental dengan asam urat. Prevalensi di negara Barat sebesar 0,2% (USA). Gambut - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Adapun asam urat yang tinggi dapat menimbukan kelainan-kelainan seperti rematik artritis (radang sendi), batu saluran kencing/ginjal, nephropathy acut/chronis (gangguan fungsi ginjal), tofi (benjolan-benjolan di bawah kulit), dan hiperurikemia asimtomatis. Rematik artritis gout (radang sendi) terdiri atas tiga stadium, yakni artritis akut, intercritical gout, dan chronic/tofi gout.


Artritis gout akut biasanya terjadi pada Iaki-Iaki usia 30-4O tahun. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut. Terjadi mendadak, biasanya malam/ dini hari, ditandai dengan nyeri hebat/panas/bengkak/kemerahan pada sendi. Biasanya monoartikuler yakni hanya satu sendi yang terkena, yaitu pada sendi obat penyubur kandungan metatarsofalangeal 1 (jempol kaki) yang disebut podogra, dan terkadang pada sendi tarsal/tumit/ lutut (jari-jari pada Iansia). Dapat polyarticular (mengenai banyak sendi), yaitu pada pasien lakilaki hipertensi, ethanol abuse, atau perempuan postmenopause.

 

Sering disertai gejala sistemik (panas, mual, linu-linu).Tanpa terapi dapat mereda sendiri dalam 3-10 hari, biasanya tidak ada keluhan sampai episode berikutnya. Beberapa keadaan yang dapat memicu serangan, antara lain makan banyak, trauma, pembedahan, alkohol, kortikosteroid withdrawal, hypouricemic therapy, dan sakit berat (serangan jantung/stroke).


Adapun artritis gout akut jarang sekali terjadi pada perempuan biasanya hanya 10% yang terjadi pada 85% perempuan posmenopause (biasanya sakit HT, terapi diuretika, mild renal insufficiency, osteoartrosis), dan 15% pada perempuan premenopause (biasanya karena faktor turunan).


Berikut adalah fase terjadinya asam urat pada seseorang.


1. Stadium intercritical


Pada stadium intercritical tidak obat penyubur kandungan ada gejala atau keluhan, stadium ini merupakan stadium di antara dua serangan. Kemudian chronic/tofi gout (Chronic nonsymmetric synovitis) timbul setelah waktu lama dengan berkaIi-kali serangan akut. Hal ini ditunjukkan dengan artritis kronis nonsimetrik, yakni radang sendi menahun mengenai sendisendi tubuh kiri dan kanan tidak sama, terdapat tophus (benjolan) dengan atau tanpa gejala radang, dan terdapat kelainan pada organ lain, antara Iain pada ginjal (gangguan fungsi ginjal).